Jumat, 13 Juli 2012

Penelitian "Partikel Tuhan"

foto 
TEMPO.CO
Jakarta -European Organization for Nuclear Research (CERN) menjadi pusat perhatian dunia setelah pada Rabu lalu mengumumkan penemuan partikel Tuhan yang mereka cari selama beberapa dekade terakhir. Sepekan sebelum pengumuman, fisikawan senior CERN Emmanuel Tsesmelis berkunjung ke Indonesia untuk membuka peluang kerja sama dengan Indonesia.

Tsesmelis menjabat Kepala Eksperimen Large Hadron Collider (LHC) milik CERN pada 2005-2008. Mesin LHC inilah yang digunakan fisikawan untuk menemukan partikel Tuhan. Kini pria kelahiran Melbourne 45 tahun lalu ini menjabat penasihat Direktur Jenderal CERN untuk Hubungan Luar Negeri, khususnya wilayah Asia Tenggara, Oseania, Siprus, Turki, dan Israel. 
 
Wartawan Tempo Anton William berbincang dengan Tsesmelis di Universitas Indonesia, Selasa lalu, tentang partikel Tuhan, fisika di Indonesia, hingga kiamat 2012. Wawancara selengkapnya di Majalah Tempo.

Apa itu partikel Tuhan (Higgs boson)?
Ilmuwan besar Isaac Newton dan Albert Einstein bisa menghubungkan massa dengan berat dan energi namun tak satu pun menjelaskan dari mana datangnya massa. Partikel Tuhan menjelaskan bagaimana manusia dan jagat raya mendapatkan massa.

Bagaimana cara kerjanya?
Medan Higgs yang tersebar di seluruh jagat raya bercengkerama dengan suatu partikel yang tadinya tak bermassa. Akibatnya, partikel mendapatkan massa dengan partikel Higgs sebagai perantara.

Apa manfaat pencarian partikel Higgs?
Keberadaan partikel ini mengkonfirmasi teori partikel yang menjadi balok dasar penyusun jagat raya. Kami meniru kondisi penciptaan jagat raya, yaitu pada energi yang sangat tinggi. Jika partikel Higgs ditemukan, kita mengetahui bagaimana benda bermassa terbentuk saat alam semesta masih bayi.

Apakah ilmuwan Indonesia bisa ikut dalam penelitian ini?
Tentu saja. Di Indonesia banyak universitas bagus yang bisa kami ajak berkolaborasi. Begitu pula dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia dan Badan Tenaga Nuklir Nasional.

Mengenai isu kiamat 2012, ada yang menyebut eksperimen LHC bisa membinasakan bumi?
Secara teori, eksperimen kami bisa menghasilkan lubang hitam mini ketika partikel saling tabrak. Isu yang berkembang mengatakan lubang hitam ini bisa menelan benda yang ada di sekitarnya, termasuk seluruh bumi. Kenyataannya, kami sudah melakukan eksperimen sejak 2008, mesin terus bekerja namun tak ada yang tercipta hingga saat ini. Jadi ini masih teori.

Baca Yang lain Mengenai Ini Di Tempo :
Lebih Jauh Tentang Partikel Tuhan
Mencari Partikel Tuhan di Bawah Tanah

Bagaimana Partikel Tuhan Diburu? 
Partikel Tuhan Mulanya Partikel Laknat
Babak Baru Setelah Temuan Partikel Tuhan
Ada Lebih dari Satu Partikel Tuhan?
Partikel Tuhan dan Kiamat

Nama Unik Fisika: Dari Partikel Tuhan hingga Quark

Pencarian Angka Partikel Tuhan
Pemburu Partikel Tuhan asal Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Share Artikel Ini

Lihat Juga Yang Lainnya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...